Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Mohtar Rasyid, SE., M.Sc.

Acara pengukuhan dilaksanakan pada Rabu, 8 Februari 2023 mulai pukul 10.00 WIB di ruang Auditorium lantai 10 Gedung Graha Utama Rektorat Universitas Trunojoyo Madura.

Pengukuhan guru besar dilaksanakan oleh Senat Universitas Trunojoyo Madura, dirancang dalam format acara Rapat Senat Terbuka dan dihadiri oleh 32 anggota senat universitas, dan 200 tamu undangan baik di internal maupun eksternal UTM.

Profesor Doktor Mohtar Rasyid, SE., M.Sc merupakan guru besar ke-Sepuluh yang dikukuhkan senat di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura.

Profesor Mohtar dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan. Beliau merupakan dosen di Jurusan Ilmu Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura, mulai mengabdi di UTM pada tahun 2003.

Rangkaian acara Rapat Senat diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Ketua Senat Universitas Trunojoyo Madura (yaitu Prof. Dr. Moh. Nizarul Alim) dilanjutkan dengan orasi ilmiah oleh guru besar yang dikukuhkan. Orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Mohtar Rasyid mengangkat topik ”Kajian Transfer Antar Rumah Tangga di Indonesia: Perspektif Empiris Mikro Data” – merupakan salah satu hasil kajian beliau diantara karya-karya lainnya. Diantara karya-karya beliau antara lain Buku Referensi tentang Kajian Transfer Finansial dan Non Finansial Antar Rumah Tangga di Indonesia, dan kajian-kajian tentang Crowding-Out di Indonesia, serta kesejahteraan rumah tangga di Indonesia khususnya di Madura.

Selain dihadiri seluruh anggota senat universitas Tunojoyo Madura, Acara pengukuhan ini juga dihadiri oleh undangan terdiri atas keluarga besar Prof. Mohtar Rasyid, seluruh dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Pimpinan Universitas dan Fakultas di lingkungan universitas Trunojoyo Madura, kolega, dan beberapa sesepuh dan tokoh masyarakat di sekitar kampus UTM.

Pengukuhan secara resmi dilaksanakan oleh Rektor UTM (Dr. Safi’, SH., MH); dilanjutkan dengan sambutan ucapan selamat atas prestasi yang telah diraih, sekaligus menceritakan sekilas kontribusi Prof. Mohtar Rasyid dalam pengembangan kampus UTM bersama dengan Rektor UTM pada masa lalu.

Selanjutnya dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Dr. Sutikno, SE., ME) dalam sambutannya juga memberikan ucapan selamat kepada Prof. Mohtar Rasyid sekaligus berpesan kepada segenap sivitas akademika FEB untuk mengikuti jejak Prof. Mohtar Rasyid sebagai guru besar karena akan memiliki dampak kepada pengembangan lembaga pada masa mendatang.

Pada akhir acara, seluruh anggota senat dan tamu undangan memberi ucapan selamat kepada Prof. Mohtar Rasyid beserta keluarganya.

Humas FEB UTM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.