Langkah-langkah Pengusulan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT)

Sesuai ketentuan pada Buku Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2013, pengusulan Program Kreativitas Mahasiswa dilakukan oleh dua user, yaitu Operator Bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi (Operator PT) dan mahasiswa pengusul secara online ke SIM-LITABMAS. Berdasar fungsi user, mekanisme dan tahapan proses dalam pengusulan PKM mengikuti ketentuan sebagai berikut.

Langkah-langkah Pengusulan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan (K), Pengabdian Masyarakat (M), Penelitian (P), Penerapan Teknologi (T) dan Karsa Cipta (KC), adalah sebagai berikut:

1. Siapkan proposal yang telah selesai direvisi oleh Dosen pendamping dan format penulisan sesuai ketentuan pada buku Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2013.

2. Cetak proposal

3. Mintakan tanda tangan dan cap fakultas untuk halaman:

o Halaman Pengesahan (ditandatangani oleh: Ketua Tim, Dosen Pendamping, Pembantu Dekan III, Kolom untuk Tandatangan Wakil Rektor III biarkan kosong dan bubuhkan cap fakultas di bagian Pembantu Dekan III)

o Surat Pernyataan Sumber Tulisan PKM (ditandatangani oleh: Ketua Tim dan Ketua Prodi)

o Daftar Riwayat Hidup (Khusus PKM-GT) (ditandatangani oleh: Ketua, Anggota Tim dan Dosen Pendamping)

4. Scan Surat Pernyataan dan Daftar Riwayat Hidup (menggunakan mesin scan dokumen)

5. Konversi file proposal PKM (.doc) ke format pdf (lihat cara konversi doc ke pdf)

6. Serahkan Halaman Pengesahan yang telah ditandatangani oleh Ketua, Dosen Pendamping, PD III dan telah dicap fakultas ke Biro Administrasi Kemahasiswaan (kolektif melalui fakultas atau langsung oleh mahasiswa sendiri) untuk dimintakan tandatangan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR 3) dan cap Universitas.

7. Setelah ditandatangani oleh PR 3 dan di cap universitas, Operator PT akan mendaftarkan tim PKM ke Simlitabmas (DIKTI) untuk mendapatkan username dan password peserta PKM

8. Operator PT akan mengirimkan softcopy halaman pengesahan, username dan password tim melalui email tim masing-masing

9. Setelah halaman pengesahan diterima, gabungkan kembali halaman pengesahan, surat pernyataan atau daftar riwayat hidup dengan halaman yang lainnya sesuai dengan sistematika yang telah ditentukan DIKTI. File dalam format pdf dan tidak lebih dari 5MB. (lihat cara memecah file pdf dan menggabungkan file pdf)

10. Softcopy proposal lengkap dalam bentuk PDF (1 proposal lengkap termasuk lembar pengesahannya dengan maksimum besar file 5 MByte) diunggah oleh mahasiswa secara mandiri dengan menggunakan Username dan Password yang telah diberikan oleh Operator PT. Bersamaan dengan pengunggahan proposal PKM, mahasiswa diwajibkan mengisi beberapa data pendukung secara online.

PROSEDUR PENGOPERASIAN SIMLITABMAS

1. Buka browser dan ketik http://simlitabmas.dikti.go.id

2. Pada bagian kiri halaman, klik login kemudian pilih mahasiswa

3. Selanjutnya, isi Nama User, Password dan sekuriti capcha, kemudian klik login

4. Setelah berhasil LOGIN, selanjutnya mahasiswa siap untuk memasukkan dan melengkapi identitas mahasiswa pengusul PKM sesuai yang diminta termasuk identitas biodata pembina beserta anggota timnya.

5. Untuk melengkapi identitas, pilih menu “Pengajuan Usulan” dan sub menu “Identitas Pengusul”. Kelengkapan identitas pengusul merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh pengusul sebelum melakukan “unggah proposal”.

6. Lengkapi identitas dengan memperhatikan hal-hal berikut.

7. Setelah semua data terisi, klik “Simpan”.

Unggah proposal PKM dengan mengikuti langkah berikut:

1. Masih dalam simlitabmas, klik menu Pengajuan Proposal, Pilih sub menu “Unggah Proposal” untuk menuju tabel pengunggahan file PDF

2. Klik Browse untuk mencari file PDF proposal yang akan di upload

3. Pilih file PDF proposal yang akan diunggah, dan dilanjutkan klik “Open”

4. Klik “Unggah” untuk mengunggah

5. Akhiri proses mengunggah proposal dengan mengklik “LOGOUT”.

Panduan lengkap Penggunaan Simlitabmas bagi Mahasiswa Pengusul dapat diunduh disini.

 

Photos from our Events

See all photos